Beranda | Artikel
Berkumpulnya Manusia di Padang Mahsyar
Senin, 4 Oktober 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Berkumpulnya Manusia di Padang Mahsyar merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 27 Safar 1443 H / 4 Oktober 2021 M.

Kajian Tentang Ketika Berkumpulnya Manusia di Padang Mahsyar

Ketika manusia dikumpulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dia dalam keadaan tak beralas kaki, tidak berpakaian dan tidak berkhitan. Barulah setelah itu Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi pakaian kepada manusia sesuai dengan tingkat keimanan dan amal shalihnya semasa di dunia. Tentunya yang pertama sekali yang diberi pakaian oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan tentunya mereka yang akan menjadi penduduk surga diberi pakaian dari surga, sedangkan mereka yang akan menjadi penduduk neraka diberikan pakaian dari neraka.

Tempat manusia berkumpul

Lalu bagaimana spesifikasi bumi tempat manusia dikumpulkan? Apakah sama seperti bumi kita sekarang, dimana ada pepohonan, pegunungan, lembah dan hutan?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

“Nanti pada hari dimana bumi dan langit akan diganti dengan bumi dan langit yang bukan sekarang. Dan semua manusia akan menghadap ke hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (QS. Ibrahim[14]: 48)

Jadi artinya buminya tidak seperti bumi sekarang yang kita saksikan, langitnya juga bukan seperti langit yang kita saksikan sekarang.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menceritakan kepada kita sifat atau kriteria bentuk bumi yang baru tempat manusia dikumpulkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى أَرْضٍ بَيْضَاءَ عَفْرَاءَ كَقُرْصَةِ النَّقِيِّ لَيْسَ فِيهَا عَلَمٌ لِأَحَدٍ

“Manusia nanti akan dikumpulkan di hari kiamat di bumi yang putih berbentuk bulat pipih, tidak ada satupun tanda-tanda yang ada di muka bumi sekarang. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50804-berkumpulnya-manusia-di-padang-mahsyar/